UNSUR YANG ADA PADA PERSONAL DEVELOPMENT

UNSUR YANG ADA PADA PERSONAL DEVELOPMENT

UNSUR YANG ADA PADA PERSONAL DEVELOPMENT

UNSUR YANG ADA PADA PERSONAL DEVELOPMENT

Unsur-unsur yang ada dalam pengembangan diri atau personal development. Karena pengembangan diri bukan hanya sekedar bagaimana meningkatkan dan membentuk kualitas hidup yang lebih baik, tapi memahami dan melaksanakan dengan detail hal-hal kecil yang ada dalam proses pengembangan diri tersebut.

Self Awareness/Kesadaran Diri – kapasitas untuk introspeksi dan kemampuan untuk mengenali diri sendiri sebagai individu yang terpisah dari lingkungan dan orang lain. Konten dalam kesadaran diri antara lain dalam Biologi, Psikologi, Filsafat, Kedokteran, Teater, dan Fiksi Ilmiah.
Self Knowledge/Pengetahuan Diri – komponen diri atau lebih tepatnya konsep pribadi. Pengetahuan tentang diri seseorang dan sifat seseorang dan keinginan untuk mencari ilmu sehingga mengarahkan perkembangan konsep diri.
Identity/Identitas – dapat didefinisikan sebagai karakteristik yang khas milik setiap individu tertentu atau kelompok. Dapat dibedakan menjadi dua, pertama adalah label, yang kedua adalah tindakan itu sendiri. Identitas terbaik ditafsirkan sebagai relasional dan kontekstual. Bakteri  : Pengertian, Klasifikasi, Ciri, Bentuk dan Jenisnya

Potential/Potensi – umumnya mengacu pada kemampuan saat ini yang belum direalisasi. Istilah ini digunakan dalam berbagai bidang. Menunjukan keadaan dimana mampu mengubah cara, mulai dari perlepasan sederhana energy dengan objek untuk realisasi kemampuan.
Human Capital/Modal Manusia – saham dari kompetensi, pengetahuan, kebiasaan, atribut sosial dan kepribadian termasuk kreatifitas, kemampun kognitif dalam kemampun untuk melakukan pekerjaan sehingga menghasilkan nilai ekonomi.

Quality of Life/Kualitas Hidup – kualitas yang dirasakan dari kehidupan sehari-hari individu, yaitu, penilaian kesejahteraan mereka . Ini mencakup semua aspek emosional, sosial, dan fisik kehidupan individu.

Sumber Materi : https://www.murid.co.id/

2