UNBK SMP Negeri 2 Cimahi Berjalan Lancar

UNBK SMP Negeri 2 Cimahi Berjalan Lancar

UNBK SMP Negeri 2 Cimahi Berjalan Lancar

UNBK SMP Negeri 2 Cimahi Berjalan Lancar

Sekertaris Dinas Pendidikan Jawa Barat, Firman Adam, melaksanakan monitoring

dan evaluasi (Monev) Ujian Nasional (UN) jenjang SMP di SMP Negeri 2 Cimahi, Jalan Jendral Sudirman No. 152, Baros, Cimahi, Jawa Barat pada Selasa, 24 April 2018.

Firman mengatakan, SMP Negeri 2 Cimahi melaksanakan Ujian nasional 100 persen berbasis komputer. UNBK ini diikuti oleh 467 siswa dan berjalan lancar tanpa kendala.   “Ini hari kedua mata pelajaran matematika, berdasarkan pemantauan beberapa ruangan, UNBK di SMP Negeri 2 berjalan lancar, sesuai dengan standar operating dan sesuai dengan harapan kita bersama,” ujar Firman Adam saat ditemui usai Monev.

Walaupun sempat ada kendala pada hari pertama, Firman menegaskan pelaksanaan UN

hari kedua hingga hari terakhir akan berjalan dengan lancar. Kendala hari pertama tersebut terjadi secara nasional dan sempat ada penundaan pelaksanaan ujian nasional. “Mudah-mudahan sampai hari terakhir, UN berjalan dengan lancar di seluruh sekolah di Jawa Barat. Untuk Jawa Barat mendapatkan apresiasi baik oleh pusat karena  semuanya berjalan lancar,” ujar Firman.

Selain itu, Fiman memberikan himbauan kepada siswa untuk melaksanakan UN

dengan tenang dan senantiasa belajar dengan giat. Harapannya, siswa dapat menjalankan UN tanpa terkendala sakit dan siswa mendapatkan hasil UN yang baik.   “Sekali lagi, pesan di ujian nasional itu prestasi akademik memang penting, tapi kejujuran paling utama,” tegas Firman.

Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Cimahi, Ena Laksana mengatakan sekolah memiliki empat server utama dan satu server cadangan dengan jumlah komputer sebanyak 160 buah. Menurut dia, sekolah sudah mempersiapkan UN dengan matang dari berbagai segi, dimulai dari melaksanakan berbagai latihan, simulasi hingga gladiresik khusus sekolah.   “Jadi secara teknis kami sudah mempersiapkan. Tinggal kesiapan pribadi siswa,” jelas Ena.

Sementara itu, jumlah peserta UN tingkat SMP/MTs, SMP Luar Biasa (LB) dan Paket B di jawa Barat sebanyak 812.454 siswa dengan jumlah sekolah 9.291 sekolah. Penyelenggara UNBK sebanyak sebanyakk 4.798 sekolah dengan 477.755 siswa, dan UNKP (ujian nasional kertas pensil) sebanyak 4.493 sekolah dengan 334.699 sekolah.***

 

Sumber :

https://hethongdienpccc.com/indonesia-struggles-to-improve-quality-of-education/

1