Pendaftar SNMPTN Masih Sepi

Pendaftar SNMPTN Masih Sepi

Pendaftar SNMPTN Masih Sepi

Pendaftar SNMPTN Masih Sepi

Sabtu lalu (14/2) merupakan hari kedua pendaftaran penerimaan mahasiswa baru jalur Seleksi

Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNM PTN). Namun, pendaftar masih sepi. Baru ada 3.736 calon mahasiswa yang mendaftarkan diri mereka melalui situs www.pdss.snmptn.ac.id.

Koordinator Pokja Humas Panitia SNM PTN 2015 Bambang Hermanto menuturkan, jumlah tersebut telah mencakup pendaftar calon mahasiswa program bidik misi Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). Yaitu sebanyak 445 orang.

Hingga menjelang tengah malam, angka ini pun tidak mengalami pergerakan secara signifikan. ’’Masih berkisar di angka itu,’’ ungkapnya saat dihubungi kemarin.

Diakui olehnya, hal ini lumrah. Pada awal pendaftaran SNM PTN tahun lalu

, jumlah pendaftar juga berkisar di angka yang sama. Lagi pula, tidak ada jaminan bagi pendaftar pertama bisa langsung diterima di perguruan tinggi yang diinginkan.

Menurutnya, melambatnya jumlah pendaftar disebabkan oleh kondisi calon mahasiswa yang masih bingung. Mereka masih belum dapat menentukan mana jurusan dan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang akan dituju. ’’Mereka biasanya masih konsul, lihat-lihat info,’’ ujarnya.

Ia sendiri memperkirakan puncak pendaftaran baru terjadi pada dua minggu menjelang akhir

masa pendaftaran. Yakni sekitar awal bulan depan. ’’Dalam beberapa tahun memang grafiknya seperti gunung,’’ jelasnya.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, pendaftaran calon mahasiswa baru melalui jalur SNM PTN akan dibuka hingga tanggal 15 Maret. Pada esoknya, 16 Maret 2015 proses seleksi akan dimulai sampai 8 Mei 2015.

Meski demikian, Bambang menghimbau agar seluruh calon mahasiswa untuk segera menyelesaikan kegiatan pengisian, baik verifikasi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) maupun pendaftaran sejak awal. Hal ini untuk menghindari kemungkinan kesulitan atau kepadatan saat masa akhir pendaftaran. ’’Untuk jaga-jaga,’’ katanya.

Di sisi lain, Bambang menginfokan ada lima perguruan tinggi negeri yang menjadi favorit diawal. Mereka paling banyak dipilih oleh para calon mahasiswa di awal-awal pendaftaran. Lima perguruan tinggi tersebut meliputi Unversitas Gajah Mada (UGM), Universitas Lampung (Unila), Universitas Padjajaran (Unpad), Universitas Brawijaya (UB), dan Universitas Indonesia (UI)

 

Sumber :

https://www.kaskus.co.id/post/5d93ea3610d295776e67ddee/