MKKS SMP Kota Ambon Gelar Bimtek Bedah SKL UN 2014-2015

MKKS SMP Kota Ambon Gelar Bimtek Bedah SKL UN 2014-2015

MKKS SMP Kota Ambon Gelar Bimtek Bedah SKL UN 2014-2015

MKKS SMP Kota Ambon Gelar Bimtek Bedah SKL UN 2014-2015

Pelaksanaan Bimbingan Teknis (Bimtek) Bedah SKL UN 2014-2015

dilaksanakan Jumat (7/11) di SMP Negeri 6 Ambon merupakan Program Musyawarah Kepala-Kepala Sekolah (MKKS) tahun 2014 semester ganjil.

Demikian penjelasan Ketua MKKS SMP se Kota Ambon Drs. Jantje Mahulette, M.MPd kepada wartawan Kamis (6/11) diruang kerjanya.

Menurutnya, kegiatan Bimtek untuk bedah SKL Ujian Nasional tahun 2014-2015 yang dilaksanakan selama dua hari itu merupakan kegiatan yang dilaksanakan untuk ketiga kalinya di Kota Ambon.

Bimtek ini diikuti oleh para guru dari seluruh SMP, Mts se Kota Ambon

dan yang sudah mendaftar sebanyak 230 peserta, selain itu ada partisipasi dari Kabupaten Maluku Tengah seperti dari SMP Negeri 1 Masohi dan SMP Negeri 2 Saparua.

Tujuan dari kegiatan ini adalah; memberikan bekal kepada para guru agar mampu membuat atau membedah soal-soal berdasarkan standar kompetensi lulusan yang disiapkan oleh pemerintah pusat.

”Bagaimana guru bisa memprediksi soal-soal yang baik yang mendekati soal-soal

ujian nasional dan memberikan bekal pengembangan materi soal sehingga pada waktu kembali ke sekolah, mereka mampu menerapkan dan mempersiapkan siswa,”ungkap Mahulette.

Selain itu, guru dapat mengikuti kegiatan Bimtek dan menyusun paket soal tersebut diedit sehingga menjadi soal Tri Out pertama pada awal Desember 2014.

Untuk mempersiapkan para guru tersebut, pihak MKKS mendatangkan Narasumber dari Direktorat antara lain tenaga Matematika, Fisika, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia dan Biologi.

Mahulette mengharapkan, agar pelakanaan Bimtek yang sudah dilaksanakan selama tiga tahun ini bisa memberikan jaminan kepada para guru, sehingga kemampuan para guru ada perubahan agar mereka dapat menyusun soal, memprediksi soal dan dapat membaca SKL secara profesional.

Harapannya agar kegiatan Bimtek ini juga dapat dilaksanakan di Kabupaten lain sehingga nantinya ada perubahan-perubahan yang berpengaruh pada nilai yang akan dicapai siswa pada UN

 

Sumber :

https://samarindatv.co.id/sejarah-danau-toba/