Jenis Strap Jam Tangan Stylish dan Terfavorit

Jenis Strap Jam Tangan Stylish dan Terfavorit

Jenis Strap Jam Tangan Stylish dan Terfavorit

Jenis Strap Jam Tangan Stylish dan Terfavorit

Jenis Tali Jam Tangan

Jenis strap atau tali jam tangan adalah salah satu komponen penting untuk kamu pertimbangkan. Pilihlah jenis tali yang mampu menunjang penampilanmu dan cocokkan dengan kegiatan yang akan kamu lakukan.

Strap jam bisa kamu sesuaikan dengan aktivitas yang kamu jalani, apakah itu acara formal, seperti ke kantor atau acara penting. Atau hanya untuk main dan nge-date yang lebih kasual. Jenis tali jam tangan dapat dipilih sesuai kebutuhan.

Ada berbagai jenis tali jam tangan yang harus kamu ketahui, mulai dari yang berbahan kulit hingga keramik. Setiap jenis tali memiliki keunggulan dan kelebihannya masing-masing.

Nah, buat kamu yang belum tahu apa-apa saja jenis tali jam tangan, yuk, simak daftarnya berikut ini!

Jenis Strap / Tali Jam Tangan

1. Tali Kulit Biasa
jenis tali jam tangan
Sumber Gambar: YouTube/R.A. Ghosh
Tali kulit biasa ini sangat cocok untukmu yang suka bergaya casual atau santai. Tali seperti ini biasanya memiliki bantalan tambahan sehingga dapat memberimu kenyamanan ekstra.

Gunakanlah jam bertali jenis ini untuk acara-acara formal, sehingga penampilan lebih simple dan berkarakter. Kekurangan jenis tali ini adalah perlunya perawatan ekstra karena tidak bisa didiamkan dalam keadaan lembab atau suhu ekstrem.

2. Strap Karet
jenis tali jam tangan
Sumber Gambar: YouTube/Reviewy Guy
Tali karet biasanya lebih murah walau mudah rusak. Namun tali karet terlihat lebih kasual dan ringan. Jam tangan dengan tali karet cocok untuk kamu yang aktif atau suka berolahraga.

Untuk kenyamanan, kamu tak perlu pusing karena selain ringan, tali jam tangan karet juga lebih lentur sehingga tidak terasa sakit atau membatasi pergerakan tanganmu.

 

Tali Jam Nilon

Jenis tali ini bisa dicuci dan lumayan lentur. Selain itu, bahannya yang agak empuk bisa memberikan rasa nyaman pada kulit tanganmu. Tampilannya juga playful. Strap jam tangan jenis ini cocok untuk dipakai main atau nongkrong.

Harganya cukup terjangkau, setara tali jam tangan karet. Dalam beberapa produknya, tali jam tangan nilon anti air sehingga lebih awet.

 

Strap Metal

Stainless steel, titanium, atau adalah beberapa jenis metal yang sering digunakan sebagai tali jam tangan. Tampilan tali ini terlihat mewah dan elegan, walaupun agak berat namun tali ini sangat fleksibel dan tahan lama.

Tali berbahan metal tidak mudah dipotong atau robek seperti tali karet, nilon, atau kulit. Tampilan tali ini juga unik dan serbaguna karena bisa dipakai untuk kegiatan-kegiatan apapun kecuali petualangan (adventure).

5. Tali Stitched Kulit
jenis strap jam tangan
Sumber Gambar: Escapement Magazine
Tali Stitched kulit atau tali jam tangan kulit jahit adalah jenis tali yang memiliki alur jahitan di sisi tali. Dalam beberapa model tali, warna benang kontras dengan warna dasar tali.

Misal, bila tali berwarna dasar hitam maka benang jahitan bisa berwarna putih yang akan membuat tali lebih kasual dan bold. Kalau kamu suka pakai celana jeans, menggunakan jam tangan dengan tali jenis ini adalah pilihan yang pas.

6. Tali Model Rally
jenis strap jam tangan
Sumber Gambar: Monochrome Watches
Mungkin kamu masih asing dengan jenis tali ini. Tali model rally adalah jenis tali yang bisa memberikan kesejukan bagi kulit saat musim panas karena ada lubang-lubang besar di talinya.

Lubang-lubang tersebut dikenal dengan perforasi. Jenis tali jam yang satu ini sendiri biasanya dibuat dari bahan karet maupun kulit.

7. Tali Nato
jenis strap jam tangan
Sumber Gambar: Vecchio Times
Tali nato bisa dikatakan paling cocok untuk pakaian kasual dan kebanyakan terbuat dari nilon. Tali ini bisa dikategorikan sebagai tali bergenre punk dengan garis warna-warni.

Tali ini memiliki desain yang menarik, ringan dan awet. Cocok bagi kamu yang suka jam ringkas. Selain itu, tali nato juga menarik karena harganya yang terjangkau.

8. Tali Perlon
jenis strap jam tangan
Sumber Gambar: Reddit/bmartensson
Tali jenis perlon dibuat dengan nilon namun dengan lilitan yang unik dan bermotif. Tidak ada lubang untuk pin, karena kamu bisa dengan mudah menusuk tali dengan pin. Desain tali jenis ini lebih berkarakter dan cocok untuk pria ketimbang wanita.

Buat kamu yang ingin tampil trendy dan berbeda bisa memilih tali ini. Namun, tali ini cepat lembab karena talinya yang rapat tanpa lubang yang bisa menjadi sirkulasi udara.

9. Strap Zulu
macam tali jam
Sumber Gambar: Vario SG
Tali Zulu mirip Tali Nato dengan bahan yang lebih tebal. Ada dua jenis tali zulu, yang memiliki 5 ring dan 3 ring. Walaupun dengan jumlah ring yang banyak, hal ini tidak akan membatasi pergerakan tanganmu.

Nah, untuk kualitasnya, tali zulu lebih kuat dibanding nato karena bahannya yang lebih tebal dan kokoh.

10. Tali Oyster
macam tali jam
Sumber Gambar: Raffles Dials
Tali oyster lebih disukai karena fungsi daripada desainnya. Jenis tali ini benar-benar gelang yang bagus untuk kegiatan kasual dan lebih sporty daripada jenis lain. Tali Oyster juga cocok digunakan sebagai gesper arloji penyelam juga.

Namun, bagi beberapa orang, tali jam oyster terasa sedikit kaku karena tidak bisa berbentuk pergelangan tangan.

11. Tali Keramik
macam tali jam
Sumber Gambar: YouTube/Best Watches Store
Tali jam keramik mungkin lebih mahal dari tali jenis lain. Bukan hanya karena kualitas bahannya namun juga karena keunikannya. Tali jam ini lebih anti gores, berbobot ringan, dan tidak membuat iritasi kulit.

Buat kamu yang benar-benar memiliki kulit sensitif bisa mencoba untuk membeli tali jenis ini.

12. Tali Kulit Exotic
macam tali jam
Sumber Gambar: Find Watch Straps
Jenis tali yang terakhir adalah tali kulit eksotis cocok digunakan untuk pakaian formal. Bisa dibilang harga tali ini bersaing dengan tali keramik dengan kualitas dan tekstur yang lebih baik.

Untuk acara-acara di kantor atau kegiatan yang harus menggunakan pakaian resmi seperti jas dan dasi maka pemilihan tali jenis ini sangat cocok untukmu.

Kamu sekarang jadi tahu kan apa saja jenis-jenis tali jam tangan? Pilihlah jenis tali yang membuatmu nyaman dalam beraktivitas sehari-hari.

Sumber : https://merekbagus.co.id/

1