Bocah 15 Tahun Dirikan Startup dari Penjualan Bitcoin $100.000

Bocah 15 Tahun Dirikan Startup dari Penjualan Bitcoin $100.000

Bocah 15 Tahun Dirikan Startup dari Penjualan Bitcoin $100.000

 

 Bocah 15 Tahun Dirikan Startup dari Penjualan Bitcoin $100.000

Bocah 15 Tahun Dirikan Startup dari Penjualan Bitcoin $100.000

NGONOO.com – Hell yeah, 15 tahun gituh. Punya duit $100.000 alias sekitar 1,19 miliar rupiah dari hasil

investasinya sendiri. Anake sopo?

Namanya Erik Finman. Ceritanya di tahun 2012 lalu, doi menerima uang sejumlah $1000 dari neneknya. Bukannya dibeliin iPad dan iPhone, doi menginvestasikan uang tersebut untuk bitcoin. Satu setengah tahun kemudian, dia menjual investasi tersebut senilai $100.000. Yep, seratus kali lipat. Dari hasil penjualan tersebut, si bocah asem ini mendirikan perusahaan Startup Botangle.com.

Sekarang, Erik Finman memiliki 20 staff yang termasuk didalamnya adalah prohremer, designer, dan animators. Jumlah users yang aktif memang belum terlalu banyak, baru melewati angka 100. Tetapi gara-gara aktif menjawab di Reddit, banyak media besar termasuk NGONOO langsung memberitakan anak ini.
Erik Finman

Erik Finman. Courtesy/Mashable

Startup yang didirikan oleh Erik sebetulnya bukan sebuah bidang baru yang sebelumnya tidak ada sama sekali. Karena basicnya adalah online tutoring dengan video chat. Tentunya, ada sang expert yang akan mengajari tentang bidang keahliannya, dan ada student/user/ yang ingin mempelajari sebuah topik yang menjadi minatnya. Simpelnya sih begitu bero dan sest.

Ide untuk membuat Startup tersebut, datang dari lingkungan Erik sendiri dimana doi tinggal di sebuah pedesaan

bernama Idaho yang memiliki keterbatasan. Jadi kalau pengen belajar sesuatu gak tentu ada. Apalagi belajar melupakan mantan pacar, dan mantan gebetan.

Buku yang menjadi inspirasi bagi Erik Finman, adalah ‘Without Their Permission: How the 21st Century Will Be Made, Not Managed’ karya Alexis Ohanian. Dari situ Erik berfikir bahwa dia bisa membuat sesuatu melalui internet. Dia ingin membuat something lah yang bermanfaat, dan orang-orang sepertinya bisa mendapatkan akses untuk pembelajaran yang lebih baik. Entah itu dari Idaho, New York, Afrika, bahkan Bantul dan Gunung Kidul.

Menariknya nih beroo..Meskipun doi sangat passionate mengembangkan Startup pendidikannya, tapi doi sendiri

gak punya rencana untuk nerusin sekolah yang lebih tinggi. Bahkan doi punya perjanjian dengan orang tuanya.

“Jika saya berhasil menghasilkan 1 juta dollar sebelum berusia 18 tahun, saya tidak perlu kuliah.”

Ibunya pas ngandung anak ini mikir apa sih? Bocah 15 tahun punya pemikiran begini. Dia memang masih bocah, tapi urusan bisnis, cita-cita, dan kesungghan sepertinya kita perlu belajar darinya. Makasih kakaa!

Baca Juga:

 

 

3