ASPEK HUKUM PEMBUKTIAN TERHADAP DATA ELEKTRONIK DI INDONESIA

ASPEK HUKUM PEMBUKTIAN TERHADAP DATA ELEKTRONIK DI INDONESIA

ASPEK HUKUM PEMBUKTIAN TERHADAP DATA ELEKTRONIK DI INDONESIA

ASPEK HUKUM PEMBUKTIAN TERHADAP DATA ELEKTRONIK DI INDONESIA

Perkembangan teknologiinformasi yang sangat pesat selama ini telah membawa banyak perubahan terhadappola kehidupan sebagian besar masyarakat Indonesia. Perubahan pola kehidupantersebut terjadi hampir di semua bidang, baik sosial, budaya, ekonomi, maupunbidang lainnya. Perubahan tersebut antara lain dengan berkembangnya penggunaanteknologi internet (telematika) yang merupakan salah satu bagian dariperkembangan teknologi informasi.

Manfaat yang dirasakan dengan adanyainternet adalah bahwa media ini berfungsi sebagai jalur bebas hambatan bagipengiriman maupun penerimaan informasi. Perkembangan dunia maya ini (cyberspace)dirasakan banyak menciptakan berbagai kemudahan, seperti dalam melakukantransaksi, membantu dunia pendidikan, perdagangan, perbankan serta manfaatlain, baik yang bersifat ekonomis maupun sosial.

Salah satuperubahan yang sangat besar akibat berkembangnya teknologi informasi adalahdalam bidang ekonomi. Perkembangan teknologi informasi secara signifikan telahmengubah sistem ekonomi konvensional menjadi sistem ekonomi digital. Sistemdigital ini memungkinkan dunia usaha melakukan suatu transaksi denganmenggunakan media elektronik yang lebih menawarkan kemudahan, kecepatan, danefisiensi. Oleh karena itu, tidak mengherankan, bukan saja di duniainternasional di Indonesia-pun pemanfaatan internet yang berbasis e-commerce,e-business, dan lain sebagainya berkembang dengan cepat. Pada saat, inidunia perbankan nasional telah banyak yang memanfaatkan fasilitas ini untukmemberikan kemudahan pelayanan dalam melakukan kegiatan perbankan baginasabahnya dengan menggunakan e-banking atau internet banking.

Keuntungan internetbanking bagi para nasabah sangat besar, karena dengan pelayanan ini nasabahdapat mengakses dan melakukan transaksi keuangan dimana saja dan kapan saja,atau dengan kata lain tidak dibatasi oleh ruang (tempat) dan waktu.

Bagi bank, manfaat internet bankingatau penggunaan sarana elektronik dalam melakukan kegiatannya dapat memberikanpelayanan yang lebih efektif kepada para nasabahnya disamping manfaat efisiensidalam pengelolaan dokumenya.

Sumber : https://furnituremebeljepara.co.id/

2